5 Masalah Yang Biasa Terjadi di Smartphone Samsung

KlikFix.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa Samsung menjadi perusahaan smartphone global terbesar di dunia. Setiap tahun, smartphone unggulannya selalu ditunggu oleh para pecinta gadget samsung. Disamping itu Samsung bisa  memenuhi kebutuhan smartphone di berbagai kalangan dengan banyaknya macam smartphone yang diluncurkannya. Semakin besar dan banyaknya jenis smartphone Samsung, semakin banyak juga  masalah yang dirasakan oleh para penggunanya. Karena banyaknya model smartphone yang diluncurkan Samsung, beberapa pengguna ada yang tidak tahu bahwa Samsung menggunakan jenis-jenis chipset yang tidak sama. Tidak  hanya chipset, spesifikasi dapur pacu yang dibawa juga  jelas menyesuaikan dengan harga yang ditawarkan dan hasilnya masalah yang ada tidak sama satu sama lain. Berikut ini beberapa masalah yang sering dialami para pengguna samsung;

  1. Smartphone Restart Sendiri

Salah satu masalah utama yang dirasakan oleh para pengguna smartphone Samsung low-end yaitu  seringnya smartphone restart sendiri. Hal ini karena smartphone low-end Samsung seperti Samsung Galaxy Young, Samsung galaxy V dan lain-lain nya hanya diberi memori internal sebesar 4GB. Dengan kapasitas memori internal yang sangat terbatas, tentu akan membuat smartphone lemot dan berujung pada sering restart bila  dipaksakan meng-install banyak aplikasi. Solusi smartphone Samsung yang bisa mengalami restart sendiri yaitu  dengan melakukan Factory Reset. Caranya mudah yaitu dengan masuk ke Settings > Backup and reset > Factory data reset > Reset device > Erase everything. Setelah semua data Anda hilang dan smartphone seperti baru, lalu install aplikasi yang diperlukan saja dan jangan meng-install aplikasi yang menggunakan memori besar.

  1. Layar Mengalami Dead Pixel

Karena banyaknya pengguna samsung, banyak juga yang mempermasalahkan kasus dead pixel pada smartphone Samsung, misalnya saja Samsung Galaxy Note 4. Untuk mengetahui  apakah smartphone Anda terkena dead pixel atau tidak, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Dead Pixel Test. Apabila ternyata terbukti layar smartphone Samsung Anda mempunyai dead pixel, segera bawa ke service center Samsung untuk klaim garansi.

  1. Baterai Mudah Boros

Kebanyakan smartphone besutan  Samsung dibekali dengan kapasitas baterai yang terbilang kecil bila  dibandingkan vendor yang lainnya. Ditambah juga dengan penggunaan TouchWiz UI yang banyak fitur dan bloatware atau aplikasi bawaan maka tidak heran bila banyak pengguna mengeluhkan borosnya baterai smartphone Samsung.

Cara mengatasi  smartphone Samsung yang boros baterai yaitu dengan menghapus aplikasi bawaan yang tidak digunakan, atau membuatnya jadi disable. Caranya yaitu dengan masuk ke menu Settings > Applications, kemudian pilih aplikasi yang ingin dinon-aktifkan.

  1. Smartphone Mudah Lemot

Tidak  hanya dialami oleh smartphone low-end, masalah lemot juga sering dialami pengguna smartphone flagship Samsung. Pada smartphone low-end Samsung, lemotnya smartphone sering disebabkan karena jumlah memori internal dan RAM yang terbatas. Oleh sebab itu sebaiknya install aplikasi secara tepat.

  1. Kamera Tidak Dapat Digunakan

Beberapa saat yang lalu, tidak lama setelah Samsung Galaxy S7 diluncurkan, ada banyak pengguna yang mengalami kamera Samsung tidak dapat  digunakan. Ketika dibuka, ada keterangan Warning, Camera failed. Solusi kamera smartphone Samsung yang tidak dapat dibuka yaitu dengan melakukan Clear Cache aplikasi kamera lmelalui menu Settings > Applications >Application manager, kemudian  cari Camera dan pilih Clear Cache. Jika cara ini tidak berhasil maka segera bawa smartphone Anda ke tempat Service HP Samsung terbaik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s